Sudah Nyobain Jajanan Bangka Belitung Belum? Ini Rekomendasinya!

AmazingBabel - Amazing People, kali ini AmazingBabel akan merekomendasikan beberapa jajanan di Bangka Belitung yang bisa Anda coba buru, dan nikmati, saat berkunjung kesini.

1. Otak-otak
Amazing people, masyarakat Bangka Belitung pada umumnya suka jajan, itulah sebabnya jajanan banyak dikembangkan dan dijajakan mulai pagi, hingga malam hari.

Salah satu jajanan yang patut diburu adalah otak-otak. Otak-otak mudah dibuat di Bangka karena bahan dasarnya adalah ikan tenggiri. Otak-otak dibuat dengan bahan ikan dan tepung yang dikukus, lalu dibungkus daun pisang dan dibakar, enakkk buangetttts!. Dan biasanya dimakan dengan campuran cuka, tawco dan cuka sambal terasi.

Otak - Otak Bangka
Rekomendasi AmazingBabel, adalah Otak-otak Ase yang berada di jalan Soekarno Hatta, (tidak jauh dari Bandara Depati Amir, Pangkal Pinang). Selain itu, Anda pun dapat menjumpai jajanan lainnya, seperti Getas (disebut kretek di Bangka), Kemplang, Kricu dan lainnya yang bisa jadi oleh-oleh untuk dibawa pulang.

2. Jajanan Malam
Masyarakat pulau Bangka pada umumnya suka jajan, itulah sebabnya jalanan masih selalu ramai di malam hari, khususnya hingga jam 10 malam.

Di jalan raya banyak penjual menggelar dagangan di pinggir jalan mulai sore hingga malam hari. Yang dijual jajanan, seperti kue-kue basah, otak-otak, pempek, dan susu kedelai atau thew fu sui

Acau Martabak 89
Satu jajanan Bangka yang berhasil menerobos pasar Jawa dan Kalimantan adalah martabak.

Rekomendasi AmazingBabel untuk Anda yang ingin menikmati martabak khas Bangka ini, dapat Anda jumpai di Kota Pangkal Pinang, yakni Martabak Acau 89, yang sudah dikenal oleh masyarakat sekitar dengan rasanya yang lebih gurih, enak,dan maknyusss. Martabak manis memiliki variasi dengan isi coklat kacang, keju, dan nutella. Martabak krispi hampir mirip dengan martabak manis hanya ukurannya lebih kecil, dan tipis. Martabak manis masih dibedakan antara rasa standar (warna kuning) dan pandan (warna hijau).

3. Mie Bangka
Bangka juga terkenal dengan mie-nya, yang disebut sebagai mie bangka. Terkadang ada yang mengganti mie menjadi pantiaw (sebutan untuk kweetiauw di Bangka).

Mie Koba
Rekomendasi AmazingBabel untuk Anda cicipi yaitu Mie Koba, yang sudah dikenal oleh masyarakat Bangka. Dinamakan Mie Koba, karena daerah asalnya yaitu Koba, yang berada di kabupaten Bangka Tengah, kurang lebih satu setengah jam perjalanan dari ibukota Pangkal Pinang. Namun, jangan khawatir karena Mie Koba sudah memiliki beberapa cabang di beberapa daerah lainnya. Di Kota Pangkal Pinang, dapat ditemukan Mie Koba Iskandar yang terletak di Jalan Balai.

4. Kopi
Bangka Belitung juga terkenal dengan warung kopi tradisionalnya. Nah, rekomendasi AmazingBabel adalah Warung kopi Tung Tau, yaitu salah satu warung kopi yang terkenal dan terus berkembang hingga kini yang berasal dari Sungailiat, kabupaten Bangka. 
Kopi Tung Tau
Warung Kopi Tung Tau, saat ini memiliki tiga cabang di kota Pangkal Pinang, yaitu di Jalan Toniwen (samping sun hotel), Jalan Semabung (sebelah TJ Mart), dan Jalan Soekarno Hatta (arah dari Bandara Depati Amir Pangkal Pinang) yang buka 24 jam. Andalannya adalah kopi O yang disajikan bersama kue semprong. Dengan menu-menu roti bakar beragam rasa, serta makanan dan minuman lainnya.

Gimana Amazing People, beberapa rekomendasi AmazingBabel tadi? Memang belum mewakili semua kuliner yang dapat diburu disini sih. Namun, harapannya jadi catatan tersendiri bagi Anda yang ingin berkunjung ke Bangka Belitung. Selamat mencoba!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Rumah Adat Bangka Belitung

Tempat Belanja Oleh-oleh, maupun cinderamata di Pangkal Pinang

Wisata Ke Bangka Belitung (Part 2)