Tempat Belanja Oleh-oleh, maupun cinderamata di Pangkal Pinang

Amazing people, ketika berwisata tempat belanja mungkin menjadi tempat yang Anda cari-cari untuk membeli keperluan Anda selama berwisata. Atau ingin membeli cinderamata dan oleh-oleh untuk dibawa pulang. 

Nah, berikut beberapa pusat perbelanjaan maupun toko cinderamata dan oleh-oleh di Pangkalpinang yang bisa menjadi referensi buat Anda.

1. Kain Cual
Kain Cual adalah kain tenun dengan motif hewan atau tanaman yang berwarna-warni. Konon, kain ini berasal dari Mentok dan digunakan oleh para bangsawannya. Itulah sebabnya penduduk setempat menyebut kain ini sebagai “cual Mentok”.

Motif Kain Cual Khas Bangka
Seiring berjalannya waktu, kain ini telah menjadi bagian dari koleksi pakaian sebagian besar penduduk Bangka. Serat utama dari kain cual adalah sutra, dibuat dengan alat tenun tradisional dengan menggunakan benang emas 18 karat untuk 1 kg kain. Harganya pun menjadi relatif cukup tinggi, yaitu mencapai puluhan juta rupiah. Saat ini kain Cual Mentok dengan harga yang lebih murah juga tersedia, namun dengan kualitas kain sutra dan benang emas yang berbeda pula.

Tertarik ingin membelinya? Bisa Anda temukan di :

Toko Kain Cual Ishadi.
Toko Kain Cual Ishadi menjual kain cual dalam beragam motif dan harga, yaitu mulai dari Rp. 150.000 per 2 meter; kaos; tas wanita; sepatu dan sandal wanita, dan lainnya. 

Lokasi : Jl. Jend. A. Yani No. 46, Pangkalpinang
Telepon : 0717 431206, 08127174206
Fax : 0717 423409
Email : cvmedia46@yahoo.com

2. Pewter Bangka 
Terkenal sebagai pulau penghasil timah, Pulau Bangka juga terkenal dengan berbagai macam cinderamata terbuat dari timah, seperti asbak, pot, miniatur kapal, dan lainnya.

Miniatur Pewter
Bisa ditemukan di toko Pewter TKF.
Lokasi : Jl. Jend. Sudirman, Pangkalpinang
Telepon : 0717 422581
Cara menuju ke sana : naik angkot merah dari Pasar Ramayana dan turun di depan toko 
Tempat menarik terdekat : Alun-alun Taman Merdeka.

3. Akar Bahar
Akar Bakar adalah salah satu jenis karang yang dapat ditemukan di dasar laut. Para pengrajin biasanya membentuk akar tersebut dan menggabungkannya dengan emas sehingga menjadi perhiasan yang beragam, seperti kalung, gelang, anting-anting, dan lainnya.

Akar Bahar
Toko Akar Bahar :
M. Arief Workshop 
Toko ini menjual beragam cinderamata yang terbuat dari akar bahar.

Lokasi : Jl. Raya Peltim No. 63, Muntok, Bangka Barat
Telepon : 0716 21397, 081367736096
Keterangan : produk mereka juga dijual di ruang boarding Bandara Depati Amir, namun dengan harga yang lebih mahal.

Tempat belanja lainnya :
Pasar Pagi
Pasar Pagi ini biasa dikunjungi masyarakat untuk belanja sehari-hari. Berada di antara toko-toko terkenal seperti Toko Kue Atet yang menjual beragam jenis makanan ringan tradisional dan kue, seperti panada (kue pastel isi tongkol), pempek, bolu kukus, kue lapis, serta minuman seperti tew su fui (susu kedelai).
Lokasi : Jl. Pasar Pagi Pangkalpinang

Toko Kue Lopet
Toko Kue Lopet ini menjual berbagai macam makanan tradisional, seperti jongkong, sekentut (campuran kelapa, tepung, sagu, gula, yang kemudian dikukus dan dibungkus dengan daun pisang), yet-yet (terbuat dari sagu, tepung, kelapa, gula merah, kemudian dikukus), dan lainnya.
Lokasi : Gg. Mantri Urip (Jl. Jend. Sudirman)
Cara menuju ke sana : naik angkot merah dari Pasar Ramayana dan turun di depan toko ini.

Toko LCK
Toko LCK menjual cinderamata dan beragam makanan ringan daerah yang terkenal seperti kemplang (kerupuk yang memiliki bahan dasar ikan dan tepung tapioka), getas (makanan ringan berbentuk bulat dan lonjong yang terbuat dari ikan tenggiri dan tepung tapioka), dan lainnya.
Lokasi : Jl. Jend. Sudirman No. 30, Pangkalpinang

Toko Kartini
Toko Kartini juga menjual cinderamata dan beragam makanan ringan khas daerah
Lokasi : Jl. Jend. Sudirman No. 25, Pangkalpinang
Telepon : 0717 421823

Pasar Mambo Pasar Mambo adalah sebuah pusat kuliner yang biasa dikunjungi oleh masyarakat untuk mendapatkan berbagai macam makanan khas daerah yang tersedia di sana. Lokasi : Cukup berjalan kaki dari arah depan Masjid Jami' Pangkalpinang

Punya informasi tempat lainnya? silakan diisi di kolom komentar ya?

Komentar

  1. Nice gan...
    Satu tambahan, BOC yg ada di jln Ahmad yani. Asik juga buat nongkrong, Krn ada cafe nya

    Hihihii...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Rumah Adat Bangka Belitung

Pantai Tanjung Putat, Belinyu Bangka