Mengenal Rumah Adat Bangka Belitung

AmazingBabelAmazing People, jika Anda berkunjung ke Bangka Belitung, memang di jaman modern saat ini Anda akan sulit menemukan rumah adatnya. Namun, jika Anda memperhatikan secara seksama rumah-rumah warga khususnya yang berada di daerah perkampungan, ada sisi-sisi yang unik dan menarik dari struktur bangunan rumah warga perkampungan tersebut, yang nampak berbeda dibandingkan dengan rumah warga perkotaan yang sudah modern.

Rumah Panggung di Belitung
Keunikan tersebut berada pada jarak antar rumah di perkampungan, yang tidak ada pagar batas antar satu bangunan rumah dengan bangunan rumah lainnya, dan saling berdekatan satu sama lain. Bukan karena kekurangan lahan bangunan, namun inilah yang mencerminkan hubungan keakraban, dan sikap gotong royong antar warga, yang dikenal dengan semboyan serumpun sebalai.

Berikut beberapa jenis rumah adat di Kepulauan Bangka Belitung ;
  • Rumah Panggung Limas
Rumah panggung limas ini berbahan utama kayu, dengan atap berbentuk limas yang terbuat dari dedaunan seperti ilalang, dan mencerminkan sebuah kesederhanaan. Kental sekali dengan budaya melayu, yang menjadi ciri khas dari rumah panggung limas ini.
  • Rumah Panggung Bubung Limas
Arsitektur rumah ini bergaya melayu, dengan design yang berpadu dengan budaya eropa ataupun kolonial. Rumah panggung bubung limas ini memiliki tampilan design yang lebih modern, dengan beberapa penambahan ruangan atau kamar.
  • Rumah Rakit
Rumah rakit juga menjadi rumah adat di Kepulauan Bangka Belitung, yang awalnya berasal dari provinsi sumatera selatan. Rumah rakit ini dibuat dengan bahan utama, yaitu bambu jenis manyan yang digunakan sebagai pelampung. Selain tahan lama juga bentuknya yang besar-besar sehingga banyak dipergunakan untuk rumah rakit. Selain bambu, rumah rakit juga sebagian menggunakan balok kayu sebagai pelampung. Untuk dinding rumah digunakan papan kayu, sedangkan atap rumah rakit dibuat dari ulit yaitu semacam daun yang dianyam. Untuk menyatukan bahan-bahan rumah tersebut dipergunakan juga rotan. Rotan kecil digunakan untuk mengikat atap rumah sedangkan rotan yang berukuran lebih besar digunakan untuk mengikat bambu atau balok yang berfungsi sebagai pelampung atau rakit rumah.

Nah, demikian informasi beberapa rumah adat Bangka Belitung yang AmazingBabel himpun dari beberapa sumber. Semoga bermanfaat, dan menambah wawasan Anda ya Amazing People...!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pantai Tanjung Putat, Belinyu Bangka

Tempat Belanja Oleh-oleh, maupun cinderamata di Pangkal Pinang